Rahasia CWM Dan TWRP

Kompitren, Ini Dia, Rahasia CWM Dan TWRP Yang Tidak Disadari Selama Ini – Anda salah satu pengguna recovery CWM atau TWRP?? Lalu, apakah Anda sudah mengerti dengan hal itu? Sebagian dari kita mungkin langsung memasang recovery tersebut ke dalam hp android tanpa mengetahui apakah yang sebenarnya CWM atau TWRP. Pada kesempatan kali ini kompitren akan mengulas tentang CWM dan TWRP, untuk menambah wawasan ilmu tentang dunia tekhnologi.
Rahasia CWM Dan TWRP

Pengertian (Clockwork Mod Recovery) CWM dan TWRP (Team Win Recovery Project)

CWM atau Clockworkmod Recovery maupun TWRP sama-sama mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama seperti recovery mode bawaan atau standar pabrik pada setiap hp. Perbedaan pada CWM atau TWRP yaitu mempunyai tambahan kustomisasi yang tidak di dapatkan di recovery bawaan seperti backup/restore data, penginstalan dalam bentuk zip, dan lain sebagainya. Sehingga bagi pengguna yang memasang CWM atau TWRP dapat leluasa mengoprek atau memodifikasi sistem software yang ada di hp tersebut.

CWM atau Clockworkmod Recovery sendiri mempunyai tiga bentuk, yakni:

1. Touch, yakni untuk mengoperasikan CWM ini menggunakan sentuhan pada touchscreen hp.
2. Hardhand, yakni untuk mengoperasikanya menggunakan perangkat hardware pada hp (tombol power, tombol volume up, tombol volume down, dan pada perangkat yang terdapat tombol home).
3. Doubhand, yakni untuk mengoperasikanya dapat menggunakan mode Hardhand maupun Touch.

Sedangkan TWRP atau Team Win Recovery Project berbentuk Doubhand, yang dapat menggunakan Touch maupun Hardhand.

Fungsi dan Fitur CWM dan TWRP:

1. Wipe data/factory reset
Untuk menghapus data yang ada di hp android anda dapat digunakan saat anda lupa pola kunci, dan lain sebagainya.
2. Wipe cache partition
Untuk menghapus cache aplikasi yang menurut saya tidak penting karena dapat memperlambat kinerja hp.
3. Apply update from sdcard
Apabila anda ingin mengupdate sistem atau aplikasi.
4. Install zip from sd card
Fitur Install zip from sd card memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, fitur tersebut dapat dipergunakan untuk root hp android, dan dapat instal tweak, custom rom, maupun lainya dengan bentuk file zip.
5. Nandroid Backup
Fitur yang satu ini sangat membantu apabila anda ingin memasang suatu sistem baru atau pembaharuan untuk hp android anda. Fitur Nandroid backup dapat membackup seluruh data dan sistem yang ada dalam hp android anda, jadi kalo suatu saat nanti hp anda bootloop ataupun ngehang anda bisa me-restore data anda.
6. Mount/unmount untuk /system, /data, /cache, /sdcard atau /sd-ext
Anda dapat me-mount atau unmount sistem pada hp anda, dan data ataupun yang lainya.
7. Format boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext
Anda dapat memformat cache ataupun kartu memori dengan satu kali klik.
8. Reboot system now
9. Advance Restore
10. Mount USB storage
11. Wipe Dalvik Cache
12. Wipe Battery Stats
13. Report Error
14. Key Test
15. Partition SD Card
16. Fix Permissions

Bahaya dan Dampak Menginstal CWM dan TWRP

Bahaya dan dampak menginstal CWM dan TWRP semua itu tergantung dari diri Anda. Apabila yang sudah paham betul tentang CWM atau TWRP pasti dia akan berhati-hati dalam bertindak, dan akan menyiapkan hal untuk mengantisipasi dan mengatasinya ketika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Dibawah ini bahaya dan dampak menginstal CWM atau TWRP:

1. Secara tidak langsung anda menghilangkan atau menghanguskan masa garansi anda
2. Apabila telah memasang CWM atau TWRP di ponsel android akan semakin rentan terkena serangan virus bila kita kurang berhati-hati.
3. Agar dapat membuka sistem di ponsel android melalui CWM atau TWRP misalnya seperti mempergunakan perangkat komputer berbasis windows, yang dapat hapus dan instal aplikasi sistem yang ada di dalamnya.
4. Kurangnya hati-hati, dan terkena wipe data, sudah dapat dipastikan semua data yang berada di hp android akan menghilang dalam sekejap. Versi terbaru CWM atau TWRP dimungkinkan sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menambah pilihan fitur terbaru.
5. TWRP memiliki menu option untuk dapat membuka berkas sistem dengan mudah, apabila kurang hati-hati disaat menghapus file sistem bisa jadi ikut mengahapus bulid.prop, dan dapat dipastikan hp anda akan mengalami bootlop.

Penutup.

Sekian penjelasan tentang Rahasia CWM Dan TWRP yang Tidak Disadari Selama Ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags
Show More
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker