Pengertian Komputer Secara Lengkap

Kebanyakan orang jaman sekarang pasti mengenal apa itu komputer. Komputer adalah alat yang sangat membantu kehidupan pada jaman yang sudah maju sekarang ini. Bahkan komputer sekarang ini bisa digunakan dengan mudah dan digunakan oleh siapa saja, dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa kini bisa menggunakan komputer dengan mudah.

Banyak orang bisa menggunakan komputer dengan mudah tetapi hanya sedikit orang yang paham dan tau betul tentang pengertian komputer. Mari kita pelajari lebih dalam.

 

pengertian komputer

pengertian komputer secara umum adalah sebuah perangkat pengolah data dan angka yang berjalan sesuai prosedur untuk melakukan sesuatu sesuai perintah yang sudah kita perintahkan. Kemampuan komputer untuk mengikuti sebuah perintah itu yang sering disebut dengan program.

secara umum komputer adalah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

  • Menerima data yang dimasukan atau sering disebut input
  • Memproses data-data yang telah dimasukan sesuai dengan perintah yang telah diberikan atau sering disebut processing
  • Menyimpan hasil olahan data yang telah diperintahkan atau sering disebut dengan storage
  • menghasilkan data-data yang berupa informasi baik secara fisik ataupun secara digital atau sering disebut output

penjelasan mengenai 4 fungsi komputer adalah:

1. Input

fungsi pertama dari sebuah komputer adalah fungsi input. Input adalah sebuah proses memasukan data atau memberi sebuah perintah pada komputer. Alat yang biasa dijadikan sebagai input komputer biasanya keyboard dan mouse.

2. processing

fungsi paling utama dari sebuah komputer adalah processing atau lebih dikenal dengan pengolahan data. komputer akan memproses data yang telah kita masukan. Dan setelah diproses biasanya disimpan ke storage atau langsung dihasilkan menjadi output.

3. storage

storage adalah fungsi komputer sebagai tempat penyimpanan data. Biasa data yang telah dioleh disimpan pada penyimpanan internal atau eksternal komputer. dan data yang disimpan ada dua macam yaitu data pengguna dan data intruksi.

Baca juga  Fitur baru yang batal hadir pada Windows 10 Creators Update

4. output

output adalah fungsi utama yang terakhir dari komputer. Output adalah hasil dari data yang telah diproses dan bisa dihasilkan informasi berupa fisik maupun secara digital. Alat-alat output biasanya semacam monitor, speaker, printer, dan lain-lain.

komponen-komponen komputer

sebuah komputer harus mempunyai dan melengkapi beberapa komponen-komponen penting agar bisa melakukan sebuah perintah dengan baik. Dalam komputer terdapat 3 komponen penting yaitu software, hardware, dan brainware. Apa saja pengertian dari komponen tersebut?

1. software

software atau perangkat lunak adalahprogram yang tersusun dari rumus-rumus matematika yang telah dirancang untuk mendukung kinerja komputer itu sendiri. Software inilah yang berkerja memasukan data-data yang akan kita olah untuk menjadi informasi-informasi yang nantinya kita inginkan.

Beberapa contoh dari software:

  • paint
  • ms office
  • adobe photoshop
  • corel draw
  • notepad
  • dan masih banyak lainnya

2. hardware

hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang bisa kita sentuh oleh kita secara langsung dan berguna untuk menunjang kinerja komputer. Selain itu perangkat keras ini berfungsi membantu kita untuk memasukan data-data yang ingin kita proses dan memunculkan data yang telah kita proses.

Beberapa contoh dari software:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse
  • printer
  • dan masih banyak lainnya

3. brainware

Brainware adalah operator yang menjalankan sistem komputer itu sendiri. Tanpa adanya operator, sistem-sistem komputer tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Operator disini sering kali dilakukan oleh manusia itu sendiri. Peran dari operator sendiri yaitu memasukan data dan mengolahnya agar menjadi informasi-informasi yang diinginkan.



Tags
Show More
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker