Trending

Cepat Mana HDD atau SSD? dan Perbedaan Keduannya, Lengkap!

Kebanyakan pengguna komputer atau laptop yang masih awam dan tidak mengetahui perbedaan HDD dan SSD, walaupun telah membaca artikelnya di wikipedia. disini kami akan membahasnya lebih ringan dan lengkap. SSD maupun HDD keduannya terbilang fungsinya sama saja yakni penyimpanan data, tetapi ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, disini akan dibahas cepatan mana HDD atau SSD? jika digunakan pada perangkat Anda, beserta kelebihan dan kekurangan HDD dan SSD.

Seperti yang telah diketahui bahwa selama ini Harddisk atau disingkat HDD menjadi standar media penyimpanan untuk perangkat PC dekstop maupun laptop. Sering perkembangan jaman dan teknologi pada saat ini banyak dibicarakan yakni SSD, yang merupakan pengembangan dari Harddisk/HDD.

Perbedaan SSD dan HDD

Pada dasarnya, SSD sama seperti HDD, hanya saja tidak tersimpan pada lapisan magnetik layaknya HDD. SSD sendiri menyimpan semua data pada chip-chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain. Perlu diketahui Flash Memory pada SSD jelas sangat berbeda dengan yang terdapat pada Flashdisk dalam hal type dan kecepatan, Chip yang tertanam pada SSD kecepatanya jauh lebih cepat dibandingan Flashdisk. berikut perbedaan SSD dan HDD.

1. Komponen dan Cara kerja
SSD singakatan dari Solid State Drive sedangkan HDD adalah harddisk Drive, HDD sendiri tersusun atas komponen mekanik dan elektronik, sedangkan SSD terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor.

Cara kerja pada HDD adalah memproses penulisan dan pembacaan data yang dilakukan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhunung ke komponen elektronik lalu yang mengolah ‘baca dan tulis‘ data, menempel pada piringan yang berputar lalu melakukan aktivitas menulis dan pembacaan data.

Baca juga  Apa yang terjadi jika PC/Laptop terinfeksi WannaCRY

Sedangkan SSD memproses penulisan dan pembacaan tidak melalui proses mekanik di dalam SSD tidak terdapat komponen mekanis seperti motor dan lengan maupun piringan yang berputar untuk membaca data.

2. Bentuk dan Ukuran
Komponen atau material yang terdapat pada Harddisk atau HDD, seperti platter, head, dll sangat mempengaruhi terhadap berat dari HDD itu sendiri. Karena HDD sangat tergantung pada piringan yang terdapat pada komponennya. hal inilah yang membuat HDD tidak dapat di produksi dalam bentuk kecil. Sedangkan untuk SSD sendiri tidak ada batasan akan hal tersebut, sehingga membuat ukuran SSD dapat disusutkan.
Ukuran pada SSD saat ini tersedia dalam bentuk ukuran kecil, dan sangat ringan berbeda dengan HDD yang bentuknya besar dan berat.

cepat mana HDD vs SSD

Kelebihan dan Kekurangan HDD vs SSD

HDD memproses data menggunakan sistem mekanik, berikut kekurangan dan kelebihan antara lain :

1. Komsumsi daya listrik yang cukup tinggi
2. Panas yang berlebihan saat pemakaian perangkat terlalu lama
3. Putaran motor dan piringan menimbulkan suara bising
4. Mempunyai daya penyimpanan hingga 2 Terabyte
5. Harga terjangkau

SSD sendiri tidak menerapkan sistem mekanik, berikut kelebihan dan kekurangan SSD, antara lain :

1. Panas yang tidak setinggi HDD
2. Komsumsi daya listrik yang lebih kecil dibandingan HDD
3. Tidak terdapat putaran piring yang membuat bising
4. Hanya tersedia penyimpanan hingga 256 GB, jauh dibandingkan HDD
5. Harga yang terbilang mahal, 256 GB SSD sebanding 1 Terabyte HDD

Cepat Mana HDD vs SSD?

Jika Anda menyimak dengan baik penjelasan diatas tentu saja Anda telah mengetahui yang memproses data lebih cepat HDD atau SSD, Yap, benar tentu saja SSD. Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan, kecepatan baca tulis SSD bahkan 9 kali lebih cepat dibandinga HDD. Perangkat PC maupun laptop yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, diklaim tidak melebihi dari 1 menit.

Baca juga  Rinna, Chat Bot dari Microsoft yang Bisa Diajak Ngobrol Layaknya Manusia

Salah satu faktor penyebabnya yakni SSD tidak menggunakan piringan berputar untuk memproses data dalam hal baca dan tulis.

Nah, itulah pembahasan mengenai cepat mana HDD atau SSD? ada harga, ada kualitas.
semoga artikel kali ini membuat anda paham antara HDD dan SSD. jangan lupa bagikan keteman-teman anda yang menggunakan perangkat komputer maupun laptop agar mereka paham dan tidak bingung memilih penyimpanan data para perangkat mereka. Terima kasih.
Semoga bermanfaat.

Tags
Show More
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker