Trending

Apa Itu Sistem Operasi? Pengertian & Fungsinya, Lengkap!

Sistem operasi atau yang lebih dikenal dengan istilah OS merupakan otak dasar dalam mengoperasikan suatu gadget atau komputer, tidak hanya digunakan dalam mengoperasikan komputer tetapi OS juga dapat mengoperasikan handphone atau teknologi lainnya.

Sistem operasi sendiri banyak ditemui dalam perangkat komputer atau ponsel, dalam hal ini komputer dan laptop kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows ataupun Linux, sedangkan pada ponsel atau gadget menggunakan sistem operasi Android atau iOS. Kali ini kami akan membahas dan menjelaskan lebih detal mengenai APA ITU SISTEM OPERASI? simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Sistem Operasi?

Apa Itu Sistem Operasi? Pengertian & Fungsinya, Lengkap!

Sistem operasi atau yang dikenal dengan istilah Operating System (OS) adalah salah satu perangkat lunak atau software yang akan bertanggung jawab agar mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras dan menjalankan aplikasi didalam suatu sistem komputer.

Dalam hal ini dapat diterjemahkan bahwa Sistem Operasi adalah sistem yang mengatur operasi dasar dan memastikan sistem perangkat komputer berjalan dengan semestinya. OS mengontrol suatu aplikasi yang dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga biasa disebut essential component.

Perbedaan Sistem Operasi Open Source & Close Source

Apa Itu Sistem Operasi? Pengertian & Fungsinya, Lengkap!

Sistem operasi sendiri terbagi dua, yaitu Open source dan Close source, Open source adalah Perangkat lunak sistem operasi yang dimana kode programnya bersifat terbuka dan disediakan oleh pengembangnya sehingga user atau pengguna dapat mengedit dan mengubah kode sumber yang ada pada sistem operasi tersebut.
Berbeda dengan Sistem Operasi Close Source dimana pengguna tidak dapat mengubah maupun mengedit kode yang terdapat pada OS tersebut.

Cara Kerja Sistem Operasi

Cara kerja sistem operasi

Perhatikan gambar diatas, dapat dipahami bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara hardware dengan perangkat lunak Software. Sebagai contoh kecil, ketika Anda menyalakan komputer pertama kali. maka pada saat itu yang bekerja adalah sistem operasi setelah komputer menyala barulah program atau aplikasi dapat berjalan.

Baca juga  Apa yang terjadi jika PC/Laptop terinfeksi WannaCRY

Sistem Operasi atau OS, sistem yang berada pada lapisan pertama dimana memori pada harddisk diletakkan, saat ini Sistem Operasi atau OS yang paling populer yakni Windows, Linux, Mac OS dan lain sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi

Menjadi suatu wadah perangkat lunak dalam komputer atau laptop, sistem operasi memiliki beberapa fungsi dan perannya masing-masing, dalam adanya sistem operasi maka Anda tidak dapat mengoperasikan suatu perangkat komputer, berikut fungsi utama sistem operasi :

1. Menjalan Operasi Basic

Fungsi utama Sistem Operasi sendiri adalah menjalankan operasi dasar pada perangkat komputer, sebelum Anda dapat menjalankan suatu aplikasi atau program maka sistem operasi dasar yang akan menampilkan kepada pengguna atau user.

2. Mengatur kinerja perangkat lunak dan keras

Software tidak dapat berjalan jika tidak ada sistem yang menghubungkannya dan mengatur perangkat keras, inilah fungsi sistem operasi, dimana Hardware seperti CPU, Memori. Ram, dan Harddisk akan berjalan dengan semestinya.

3. Rumah bagi program atau aplikasi

Program yang terdapat pada perangkat komputer tidak dapat beroperasi jika tidak diatur oleh sistem operasi, secara ringkas sistem operasi menjadi lantai dimana suatau barang diletakkan agar barang tersebut dapat berfungsi dengan baik dan juga mengatur agar kerja aplikasi tidak terlalu membebani perangkat keras.

4. Memberikan tampilan bagi perangkat

Layar atau tampilan saat anda pertama kali anda menyalakan komputer atau gadget, sistem operasi bertugas menampilkannya ke layar monitor perangkat anda, dalam arti sebagai interface atau tatap muka antara perangkat dan pengguna user.

5. Melindungi dan Mengontrol fungsi program atau aplikasi

Sistem operasi memberikan hak kepada user untuk mengakses perangkat komputer menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang tidak dapat mengakses program tersebut atau lebih dikenal dengan istlah Gate Keeper. Sistem operasi juga melindungi segala hal yang dapat membuat masalah atau error pada perangkat komputer.

Baca juga  Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 8

Sekian penjelesan sistem operasi dan fungsinya, yang admin dapat berikan kepada pembaca, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Show More
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker