Trending

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan Cepat

Masalah penggunaan smartphone Android yang lambat, lag, baterai cepat habis cukup mengganggu bagi pengguna. Ada banyak penyebab dari masalah ini, karena itu kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat saat digunakan.

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan Cepat

Aplikasi Sering Force close

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan Cepat

Mungkin ini adalah masalah yang paling sulit saat menggunakan Android, kesalahan “ Force close” akan menyebabkan program yang berjalan di ponsel tiba-tiba berhenti dan tidak dapat digunakan. Jika demikian, Anda dapat memperbaikinya dengan cara berikut ini:

Menghapus data dan Cache
Gejala umum dari masalah ini adalah bahwa Anda tidak bisa membuka aplikasi atau smartphone beberapa detik tidak bisa digunakan ketika kesalahan ” Force close ” muncul. Pasti banyak dari Anda menghadapi situasi ini, lalu menghapus dan menginstal ulang aplikasi, tetapi ada cara yang lebih sederhana, simak berikut ini:

Buka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi > Pilih aplikasi yang sering Force close> Hapus data dan cache.

Sistem operasi tidak cocok
Kesalahan ini juga bisa terjadi ketika aplikasi yang Anda install tidak dirancang untuk berfungsi untuk versi Android yang Anda miliki, karena biasanya aplikasi tersebut membutuhkan versi Android yang lebih tinggi daripada versi yang Anda miliki.

Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan pemutakhiran di Pengaturan > Tentang telepon > Perbarui. Dan jika sayangnya, coba instal versi aplikasi yang lebih lama dari sumber eksternal.

“Contoh: Anda dapat mencari kata kunci “facebook android 2.3.6 apk” untuk menginstal Facebook lama untuk Android versi 2.3.6.”

Baterai Cepat Habis

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan Cepat

Ada 2 penyebab dari masalah baterai cepat habis, yaitu karena baterai sudah rusak atau kesalahan pada perangkat lunak, Anda dapat secara akurat menentukan penyebab masalah ini melalui cara berikut:

Baca juga  Cara Menyimpan Video Dari Youtube Ke Galeri Handphone

Tekan dan tahan tombol daya hingga panel notifikasi mematikan ponsel ditampilkan > Tekan dan tahan opsi Matikan atau nyalakan kembali, maka reboot safe mode ditampilkan > OK.

Untuk beberapa smartphone lain, Anda mematikan daya sepenuhnya, lalu tahan tombol volume naik dan turun untuk mengaktifkan Mode Aman.

Ketika Mode Aman diaktifkan, aplikasi yang diinstal pada perangkat akan dinonaktifkan. Dan Anda dapat memeriksa tes masalah baterai pada mode ini.

Kinerja dan respon semakin lambat

Untuk perangkat yang menjalankan Android 4.2 atau lebih rendah, masalah ini sangat sulit untuk diatasi, file virtual TRIM secara otomatis hanya muncul pada versi Android yang lebih baru 4.3 dan lebih tinggi.

Jika Anda mengalami masalah ini dan cara paling efektif untuk memperbaikinya adalah flash ROM, tetapi saya sarankan Anda membaca instruksi spesifik sebelum melakukannya. Karena terkadang kesalahan terjadi saat flash ROM akan menyebabkan smartphone Anda menjadi mati total.

Jadi itulah tadi cara memecahkan 3 masalah umum yang sering terjadi pada smartphone seperti aplikasi sering Force close, baterai cepat habis dan kinerja melambat, semoga informasi ini akan membantu saat mengalami masalah tersebut.


Tags
Show More
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker