Trending

Cara Reset WSL Linux Distro Di Windows 10

Di Windows 10, Microsoft memberikan kemampuan untuk reset terhadap WSL Linux agar mengembalikannya ke pengaturan awal.

Pengertian dari Linux

Pengertian dari Linux merupakan suatu perangkat lunak atau software sistem operasi yang bersifat open source dan gratis untuk didapatkan maupun disebarluaskan dengan lisensi GNU dan Pengertian Bash Linux telah dibahas klik disini.

Pengertian Distro Linux

Sedangkan Distro Linux atau singkatan dari Distribusi Linux adalah sebutan bagi sistem operasi linux yang telah dipaketkan sedemikian rupa dengan software tertentu sehingga memiliki antarmuka dan fitur-fitur sesuai dengan keinginan pembuatnya, yang mana tentu saja dalam pembuatannya menggunakan kernel Linux.

Setiap Linux Distribution yang berjalan pada WSL telah memiliki akun pengguna dan kata sandi Linux itu sendiri. Anda harus mengonfigurasi akun pengguna Linux setiap kali anda ingin menambahkan distribusi, instal ulang atau pun reset.

Kemampuan untuk menjalankan Linux secara asli pada Windows 10 telah disediakan oleh fitur WSL. Windows 10 memang telah memiliki fitur WSL, dimana WSL sendiri merupakan singkatan dari Windows Subsystem for Linux. Versi modern WSL memungkinkan untuk install dan menjalankan beberapa distro Linux dari Microsoft Store.

Pengertian WSL

WSL adalah sebuah terobosan baru yang selama ini dicari terutama bagi para pengembang software. WSL sudah didukung secara resmi oleh Microsoft pada Oktober 2018. WSL ini menawarkan kemampuan menjalankan terminal UNIX di dalam Windows. Anda dapat menginstall beberapa distro linux seperti OpenSUSE, Ubuntu, SUSE Enterprise Server, Kali Linux, Debian dan lain sebagainya.

Cara Reset WSL Linux Distro di Windows 10

Kali ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana cara reset WSL Linux Distro pada Windows 10. Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Buka Settings

Pertama, anda buka aplikasi settings, maka akan muncul Apss & Features.

Baca juga  Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows Vista
  • Navigasikan Ke Apps & Features

Setelah muncul Apps & Features, anda navigasikan ke Apps tersebut. Lalu pada panel kanan, anda cari aplikasi Distro yang ingin anda reset. Misalnya, aplikasi dan fitur yang anda pilih adalah Kali Linux. Anda tinggal klik Kali Linux lalu pilih Advance Options.

  • Klik Reset

Ketika anda sudah pilih Kali Linux, anda bisa scroll ke bawah sampai anda menemukan opsi Reset. Pada opsi reset terdapat dua tombol yakni repair dan reset. Maka anda klik tombol reset tersebut. Anda bisa klik kembali opsi Reset ketika adanya muncul pop up berupa peringatan.

  • Reset Ditandai Checklist

Selama proses Reset, anda bisa menunggu untuk beberapa saat sampai proses selesai dan hasilnya ditandai dengan tanda centang checklist di samping tombol Reset.

Maka, Reset WSL Linux DIstro pada Windows 10 pun telah berhasil dilakukan. Sekarang anda sudah bisa menjalankan WSL Linux Distro anda untuk di konfigurasi dan mengaturnya sesuai yang anda perlukan. Cara yang dijabarkan pun cukup mudah dan anda pun bisa untuk mencobanya.

Pada Windows 10, anda dapat membatalkan registrasi WSL Linux Distro untuk di reset atau atur ulang ke default. Setelah di reset, saat anda ingin memulai kembali, Windows akan menginstall salinan disto yang tidak di konfigurasi. Oleh sebab itu anda perlu mengaturnya dari awal, membuat user / pengguna baru, mengatur kata sandi, dan menginstal beberapa aplikasi yang sedang anda butuhkan.

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker