Trending

Cara Cek Versi WDDM di Windows 10

Pengertian dari WDDM merupakan suatu komponen grafis driver pada GPU.

Microsoft Windows menjadi salah satu software dari sistem informasi yang sangatlah populer bagi para pengguna komputer di seluruh dunia. Perkembangannya pun terbilang pesat dari awal kemunculannya awal Sembilan puluhan, dimulai dari Windows 1, 2, 3 95, 98, Me, Xp, Vista, 7, 8,9 dan yang terbaru adalah 10.

Dengan semakin baru versi yang di update dari masa ke masa, maka semua penggunanya pun akan semakin mudah menggunakan sistem operasi dari komputer serta mendukung software aplikasi terupdate dari versi yang baru dirilis.

Saat ini Windows 10 sepertinya memang sudah menjadi sistem operasi andalan Microsoft sebagai penerus dari sistem operasi Windows sebelumnya yang telah diupdate. Microsoft cukup memaksa penggunanya agar melakukan upgrade dari versi sebelumnya ke Windows 10 dan hasil dari usaha yang dilakukan cukup berhasil dimana saat ini software dan program yang baru sudah banyak dirilis untuk dijalankan secara optimal pada platform windows 10.

Pengertian dari WDDM

Pengertian dari WDDM atau Windows Display Driver Model merupakan suatu komponen grafis driver pada GPU yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi Windows. Versi awal WDDM adalah Windows Vista yang sudah diluncurkan pada tahun 2006. Keberadaan WDDM mulai ada sejak era Windows Vista dan menjadi komponen yang wajib ada semenjak era Windows 8.

Fungsi WDDM

Fungsi WDDM sendiri yaitu untuk meningkatkan stabilitas pada sistem operasi, serta menghindari crash karena WDDM membuat lebih sedikit kode yang berjalan pada kernel. WDDM memberikan fungsi yang dibutuhkan agar desktop dapat menggunakan aplikasi Desktop Windows Manager, jendela composite manager berjalan pada Direct3D ke atas.

Spesifikasi WDDM setidaknya memerlukan kemampuan driver video card Direct3D9 dan perlu menerapkan interface perangkat untuk runtime Direct3D 9Ex dalam rangka menjalankan aplikasi Direct3D secara opsional sehingga dapat mengimplementasikan antarmuka Direct3D 10/10.1 dan lebih tinggi.

Baca juga  Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 8

Jika anda ingin tahu lebih lanjut dan penasaran mengenai versi WDDM, maka berikut ini akan dipaparkan tutorialnya bagaimana untuk mengecek versi WDDM di Windows 10 :

  • Buka Windows Run

Pertama-tama anda perlu membuka Windows Run terlebih dahulu atau tekan (Win Key + R) pada keyboard anda, lalu anda ketik “dxdiag” pada kolom Run untuk membuka DirectX Diagnostic Tool. Setelah anda ketik, kemudian klik OK.

  • Navigasikan Ke Tab Display

Tahap selanjutnya adalah anda navigasikan ke tab Display. Apabila anda punya lebih dari satu display. Maka anda bisa memilih salah satunya. Misalnya Display 2.

  • Cek Drivers

Lalu pada bagian menu Drivers, anda dapat mengecek pada bagian Driver Model dimana akan terlihat versi WDDM yang digunakan. Setelah selesai, anda dapat menutup jendela DirectX Diagnostic Tool jika anda menginginkannya.

Daftar Windows Versi WDDM

Sebagai bahan referensi untuk anda, berikut ini terdapat beberapa daftar Windows versi WDDM berdasarkan versi Windows era Vista hingga Windows 10.

  • Windows Vista = WDDM 1.0
  • Windows 7 = WDDM 1.1
  • Windows 8 = WDDM 1.2
  • Windows 8.1 = WDDM 1.3
  • Windows 10 build 1024 = WDDM 2.0
  • Windows 10 version 1607 = WDDM 2.2
  • Windows 10 version 1709 = WDDM 2.3
  • Windows 10 version 1803 = WDDM 2.4
  • Windows 10 version 1809 = WDDM 2.5
  • Windows 10 version 1903 = WDDM 2.6

Nah itulah Cara cek WDDM di Windows 10 semoga bermanfaat, dan jangan lupa share keteman-teman kamu jika menurut kamu artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker