Trending

5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Google semakin mempermudah para pengguna Gmail dengan beberapa fitur seperti ini.

Saat ini Gmail sudah menjadi kebutuhan pokok untuk mengakses setiap layanan internet yang ada dan saling tersinkronisasi dengan akun-akun lainnya, layaknya facebook, twitter, atau lain sebagainya. Namun sebagai pengguna sejak lama, tahukah Anda bahwa ada 5 fitur tersembunyi Gmail yang wajib dicoba agar tak terkesan gaptek? Keberadaan fitur tersembunyi ini memang tak banyak disadari para penggunanya.

Hal ini dikarenakan kebanyakan pengguna hanya memerlukan Gmail sebagai syarat pengoperasian akun tanpa mengeksplornya lebih jauh, kecuali mereka yang memang melakukan surat menyurat melalui elektronik secara rutin. Tenang saja, untuk login apapun kini dibutuhkan akun Gmail, segala pendaftaran dalam web apapun lebih mudah dilakukan dengan mendaftarkan akun Gmail. Serba guna sekali bukan?

Sayangnya, tak banyak yang memperhatikan bahwa Gmail merupakan salah satu software yang rutin melakukan pembaharuan. Tentu saja tujuannya untuk semakin mempermudah pekerjaan Anda, meski mungkin Anda tak pernah menyadarinya. Berbagai fitur pun ditambahkan dengan kemudahan akses dan keamanan yang lebih terjaga. Lalu, apa saja sebenarnya 5 fitur tersembunyi Gmail yang cukup solutif ini? Berikut penjelasannya.

  • Fitur unsend/ undo email
5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Selama ini banyak orang yang panik karena melakukan kesalahan saat pengiriman email namun tak bisa menarik email yang telah terlanjur dikirim. Meski dihapus di akun pengirim, email tersebut tetap akan meluncur dan sampai pada penerimanya.

Walaupun tak nampak di menu email terkirim di akun pengguna. Sungguh mengesalkan bukan? Walau tak seberapa berimbas pada kehidupan real life Anda, beberapa orang tetap akan menyesalkan kesalahannya saat pengiriman email. Terlebih jika email yang dikirimkan adalah email penting dan urgent kepada pihak yang dianggap penting.

Sebenarnya Anda tak perlu sepanik itu, tetaplah tenang dan jangan mudah merasa tertekan. Toh pada dasarnya Gmail telah menyediakan fitur unsend alias undo email yang bisa Anda gunakan di saat genting seperti ini.

5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Namun, fitur ini hanya bisa diaplikasikan untuk membatalkan pengiriman email yang sudah terlanjur terkirim maksimal dalam kurun waktu 30 detik setelah pengiriman. Jadi, Anda harus tetap stay cool dan bergerak cepat. Ketika terjadi kesalahan dan baru menyadarinya setelah proses pengiriman, segera saja tarik email Anda menggunakan fitur ini.

Baca juga  Cara Memilih Endorse yang Tepat Untuk Produk Bisnis Anda

Bagaimana caranya? Ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu Anda telah mengaktifkannya. Klik tombol Setting Gmail > lalu pilihlah opsi Undo Send. Pastikan waktu yang tersetting di sana adalah 30 detik. Meski terkesan singkat, 30 detik ini merupakan batasan maksimal yang bisa Anda pilih di antara yang lainnya.

Nah, setelahnya Anda bisa langsung menggunakan fitur ini dengan cara menekan tombol Undo tiap kali ingin membatalkan email yang terkirim. Namun ingat, batas waktu Anda hanyalah 30 detik agar email tersebut benar-benar bisa ditarik. Setelahnya, fitur Undo ini akan menghilang dan email akan tetap sampai pada penerimanya.

  • Kirim email rahasia
5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Nah, bagi Anda yang suka main rahasia-rahasiaan, fitur ini patut untuk Anda coba. Kini Gmail telah diperbaharui sedemikian rupa hingga bisa berbagi email rahasia. Apa bedanya dengan email biasanya? Tentu saja beda. Dengan fitur ini Anda akan bisa mengatur waktu email bisa ditampilkan.

Kisaran waktu yang ada dalam pengaturan adalah mulai dari 1 hingga 5 tahun. Nantinya, jika sudah melewati waktu yang ditetapkan alias expired, email tersebut tak akan bisa dibuka lagi. Bahkan menu forward, copy, print, serta unduh pun telah dimatikan di email rahasia ini. Cara menggunakannya sangatlah mudah, Anda tinggal mengaktifkan tanda gembok atau confidential mode.

  • Offline
5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Tahukah jika Anda tetap bisa melakukan aktivitas surat menyurat elektronik secara offline? Ya, Anda bisa membaca, membalas dan juga mencari email tanpa perlu online dengan membukanya melalui browser Chrome.

Caranya mudah sekali, buka saja tab Offline yang ada di Setting Gmail >Klik Enable offline email. Nah, di sinilah Anda bisa mengatur batasan hari terakhir dimana email akan menyimpan data Anda secara offline. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh attachment.

  • Keyboard shortcut ekstra
5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Kini, Gmail telah memiliki keyboard tersembunyi yang bisa Anda gunakan jika diaktifkan fiturnya. Anda tinggal menekan huruf C pada keyboard untuk compose email baru. Begitupun R untuk reply, dan masih banyak lainnya.

Baca juga  7 Fitur Menarik di HP Android Yang Harus Diketahui Pengguna

Tentu saja ini sangat berguna untuk mempercepat kegiatan berbalas email Anda. Cara mengaktifkannya dapat Anda lakukan dengan membuka Settings Gmail > Kemudian atur agar keyboard shortcut menjadi ON. Mudah sekali bukan?

  • Custom keyboard shortcut
5 Fitur Tersembunyi Gmail yang Wajib Dicoba Biar Gak Gaptek

Masih tentang shortcut, Anda bisa mengatur dan membuat custom sendiri sesuai keinginan dengan memanfaatkan fitur ini. Caranya cukup sederhana dan mudah dilakukan, bukalah Settings Gmail > Pilih Menu Advanced. Di sinilah terdapat opsi keyboard shortcut. Buat menjadi enable.

Selanjutnya akan muncul tab Setting yang baru, yakni Keyboard Shortcut. Nah, kini Anda bisa mengatur semuanya semau Anda.

Demikianlah uraian mengenai 5 fitur tersembunyi Gmail yang wajib dicoba biar gak gaptek. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker